WHAT'S NEW?

Mengenal Tentang Bagian-bagian dan Jenis Mesin Bubut yang Ada di Pasaran

Mesin bubut dikenal sebagai mesin yang dipakai dalam membuat berbagai jenis perkakas, bekerja dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah mulai dari memotong, mengebor, hingga meratakan permukaan sebuah benda. Mesin yang satu ini sangat banyak sekali jenisnya dan bisa dengan mudah dijumpai di pasaran. Mulai dari yang ukurannya kecil sampai dengan besar untuk bidang industri yang besar juga. Jika berbicara mengenai tawaran harganya sendiri juga sangat bervariasi, tergantung dari merknya.

Untuk mendapatkan yang terbaik, memang sangat disarankan bagi konsumen untuk memilih mesin yang dikeluarkan oleh merk atau brand-brand yang sudah terkenal, tawaran harganya mungkin sedikit lebih mahal, namun sesuai dengan kualitas yang diberikan. Mesin yang satu ini umumnya memang dapat dipakai untuk memotong beragam jenis material atau benda, diantaranya adalah kayu, kemudian juga stainless steel, alumunium dan masih banyak lagi diantaranya.

Setidaknya mesin ini sendiri terbagi atas 4 bagian utama yang harus diketahui, yaitu:

  1. Alas mesin, yaitu bagian paling bawah yang dipakai untuk menyangga mesin tersebut agar nantinya bisa digunakan, ada jenis penyangga diam, khususnya pada bubut besar atau meja, juga ada jenis yang bisa dipegang, contohnya adalah bubut tangan. Hendaknya perhatikan kebutuhan sebelum membelinya.
  2. Eretan, bagian yang satu ini digunakan untuk pemakanan sebuah benda kerja, yaitu dengan adanya gerakan ke kiri dan juga ke kanan selama meja tersebut bekerja. Karena bagian yang satu ini bergerak, sangat dianjurkan untuk mengeceknya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, karena jika salah satu komponennya cacat, maka sangat mempengaruhi kinerjanya, menjadi kurang maksimal.
  3. Kepala tetap, letaknya ada di samping kiri, bagian yang satu ini nantinya akan memutar benda kerja dan di bagian dalamnya terdapat transmisi pada roda gigi.
  4. Kepala lepas, fungsinya adalah untuk menyokong benda kerja.

Sedangkan dari segi jenisnya sendiri mesin tersebut terbagi atas beberapa seri, yaitu:

  1. Long bed lathe, dikenal juga sebagai bubut meja panjang, umumnya dipakai dalam sebuah industri besar yang memang berguna untuk mengerjakan benda-benda yang memiliki ukuran besar dan juga panjang.
  2. Standard lathe, mesin standard yang ukurannya tidak begitu besar, namun memiliki fungsi tak kalah dibandingkan dengan long bed lathe.
  3. Bubut ringan, digunakan untuk jenis pekerjaan yang tidak terlalu berat atau hanya dipakai sebagai alat latihan saja.
  4. Medium lathe, variasi pekerjaan yang dapat dilakukan dengan mesin yang satu ini terbilang cukup banyak, namun fungsi utamanya tetap untuk menghasilkan atau memperbaiki sebuah perkakas.
Sangat penting untuk mengenal jenis-jenis dari mesin bubut ini agar tidak sampai salah dalam membelinya. Pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan.

0 comments:

Post a Comment