WHAT'S NEW?

Radio: Teknologi Perpaduan Modulasi dan Radiasi

Radio sudah ada sejak zaman dulu, yang pada awal kiprahnya digunakan sebagai alat komunikasi satu arah. Menurut pengertiannya, alat komunikasi ini adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengirimkan sinyal melalui gelombang tertentu. Kita mengenalnya dengan sebutan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik sendiri adalah hasil dari modulasi dan radiasi dari elektromagnetik. Gelombang ini mempunyai sifat unik, yaitu bisa merambat melalui udara dan ruang yang hampa udara seperti di ruang angkasa tanpa membutuhkan medium pengangkut, dalam kasus ini adalah molekul udara.
Kita sudah singgung sedikit tentang teknologi komunikasi yang mengirimkan pesan melalui gelombang elektromagnetik. Nah, reaksi gelombang elektromagnetik ini tercipta saat suatu objek bermuatan listrik di modulasi atau frekuensinya ditingkatkan. Sehingga kita pun jadi mengenal satuan frekuensi untuk si alat komunikasi satu arah ini. Frekuensi terkecilnya adalah 10 Hertz dan yang tertinggi adalah 10 Giga Herzt. Frekuensi pada alat pengirim sinyal ini adalah gelombang elektromagnetik yang penggunaannya untuk penyiaran. 

Gambar terkait
Dilihat dari cara kerjanya, alat ini bekerja dengan sistem yang cukup rumit. Yaitu sinyal yang dikirim atau yang dipancarkan gelombang pembawa, dipantulkan oleh lapisan ionosfer (lapisan udara atmosfer bumi). Di lapisan itulah gelombangnya akan dipantulkan kembali ke bumi dan ditangkap oleh menara atau stasiun penerima sinyal. Tidak heran jika jangkauan si gelombang sangat luas bahkan hingga ke luar angkasa.

Menurut pengertian para ahli, terdapat dua metode transmisi gelombang audio, AM dan FM. Apa yang dimaksud dengan AM dan FM, berikut penjelasannya:

  • AM—Modulasi Amplitudo. Adalah sistem sinyal amplitude yang menggunakan gelombang penghantar yang bervariatif dengan frekuensi yang konstan.
  • FM—Frekuensi Amplitudo. Merupakan sebuah metode penyampaian informasi melalui gelombang pembawa dengan mengubah variasi frekuensinya. Frekuensi yang dihasilkan lebih banyak membuatnya sering dipakai untuk penyiaran.

Sebagai metode yang sering digunakan di siaran radio, sinyal FM mempunyai beberapa fitur menarik dan menjadi kelebihannya. Fitur-fitur dari FM tersebut adalah:

  • Ketahanan terhadap gangguan percampuran (interference) yang dikarenakan alat listrik, cuaca, atau bintik-bintik matahari. Sehingga frekuensi ini digunakan untuk mentransmisikan siaran dengan kualitas tinggi.
  • Hasil modulasi audio lebih jelas, jernih dengan noise yang rendah. Ditilik dari tingkat kejernihan suara yang dihasilkan sinyal FM dibandingkan sinyal AM. FM memang lebih baik dibandingkan AM yang memiliki kualitas suara yang buruk. FM pun menjadi primadona di industri penyiaran. Jernih tidaknya suara yang kita dengar melalui radio, itu semua adalah hasil dari proses panjang di mana sinyal penyampai pesan yang dipancarkan gelombang pembawa, dipantulan kembali ke bumi oleh lapisan udara ionosfer. Lalu pemancar memodulasi gelombangnya, mengartikannya menjadi sebuah informasi berupa audio.

0 comments:

Post a Comment