WHAT'S NEW?

Mengapa Latihan Otot Dasar Panggul Penting Bagi Perempuan? Ini Dia Alasannya!

Melahirkan bagi seorang perempuan itu sangat umum sekali, bahkan ada perempuan yang bisa melahirkan secara normal lebih dari 5 kali. Hal itulah yang selanjutnya menyebabkan kondisi otot panggul wanita lebih mudah menurun kinerjanya. Apalagi pada usia yang sudah memasuki tua atau paruh baya, perlu dilakukannya latihan otot dasar panggul yang dapat kembali memperkuat supaya bisa mengontrol keluarnya urine dan memperbaiki aktivitas seks dengan pasangan. 


Meskipun dilihat dari gerakan sederhana senam kegel, namun Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Perlu adanya aturan khusus supaya Anda mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan. Latihan tersebut dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, apalagi tidak memakan waktu yang cukup lama. Anda bisa lakukan diatas sofa, duduk dimeja, kursi ataupun ketika berdiri menempel dinding. Makanya banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk melatih otot panggul dengan beberapa tujuan tertentu.

Sebelum Anda berniatan untuk mengikuti latihan senam kegel, lakukan terlebih dahulu bagaimana cara mengidentifikasi otot yang tepat. Nah, berikut ini petunjuk senam yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Mencari otot.

Seperti yang dikatakan diatas langkah pertama yaitu mengidentifikasi, otot ini berada pada area vagina sampai dengan uretra. Untuk langkah mudahnya bisa Anda menggunakan dengan cara menghentikan urine ketika akan keluar. Lakukan peregangan, gerakkan dan relaksasikan otot secara bertahap.

  • Sempurnakan teknik.

Langkah selanjutnya setelah Anda berhasil mencari otot dan mengosongkan bagian kandung kemih saatnya untuk menyempurnakan teknik. Ini cara dilakukan dengan berbaring, duduk ataupun berdiri. Tahan kontraksi dan relaksasikan, ini membuat otot Anda terlatih untuk lebih kuat lagi. Lakukan hal itu kurang lebih 4 sampai dengan 5 kali sebagai pemula dalam waktu tidak lebih dari 10 menit.

  • Fokus.

Jika dilihat memang cukup sederhana tetapi tanpa fokus terhadap gerakan, Anda tidak akan dapat melakukan. Dalam melakukan latihan tersebut ada baiknya untuk menghindari tahan napas, justru bebaskan nafas Anda selama latihan berlangsung.

  • Lakukan secara rutin.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik atau maksimal ada baiknya Anda jadwalkan secara rutin, misalnya 3 hingga 10 kali setiap harinya. Jika memang Anda dalam masalah seperti pengontrolan urine yang sulit, lakukan senam kegel setiap hari untuk mengurangi masalah.

Jika membaca secara teori memang lebih sulit, tetapi akan lebih mudah Anda langsung mempraktekkannya. Pilih panduan dokter ataupun konsultasikan kepada orang yang lebih ahli jika memang masih ragu melakukan sendiri. Karena kesalahan dalam latihan otot dasar panggul akan memperburuk kondisi otot Anda. Alih-alih mengatasi masalah urine yang keluar secara terus menerus dengan latihan tersebut tetapi justru yang didapatkan sebaliknya. Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment