WHAT'S NEW?

Cara Tepat Mendidik Anak untuk Menggambar dengan Baik

Pendidikan adalah hal yang paling penting, pendidikan tidak hanya berasal dari sekolah tetapi juga di rumah. Dengan anak yang terdidik maka anak akan lebih menghargai, menghormati, terus menggali, dan terus belajar hingga memiliki masa depan yang diinginkan. Di sekolah anak akan belajar tentang pengetahuan umum yang akan menambah isi dari anak. Di rumah anak akan belajar tentang perilaku dan juga pelajaran lainnya. Bahkan dari permainan video games akan membuat anak juga dapat belajar tentang berbagai hal. Selingan saat belajar tentunya membuat anak dapat sedikit lebih rileks dan membuatnya terus semangat ketika belajar. Salah satu yang akan dipelajari oleh anak adalah menggambar dan mewarnai
 

Berikut adalah cara mendidik anak untuk menggambar diantaranya:

  • Sediakan bahan untuk menggambar, seperti peralatan anak lengkap untuk membuat anak bersemangat dan menuangkan berbagai ide dan kreatifitasnya dalam bentuk dan gambar.
  • Jadilah teladan, dengan menggambar terlebih dahulu untuk membuatnya tertarik dan jangan mendikte anak karena akan membuatnya tertekan dan hasil gambarnya menjadi tidak memuaskan.
  • Beri dukungan, dengan pujian pada setiap gambar anak karena itu akan membuat anak memiliki rasa semangat dan percaya diri dan membuatnya akan terus mengulangi hal yang sama hingga terlihat menjadi lebih sempurna.
  • Biarkan anak menjelaskan gambar yang telah dibuat, hal ini membantu anak mengemukakan idenya dengan gambar dan pastikan menggunakan bahasa yang baik untuk tidak membuat anak tertekan.
  • Hargai karya anak dengan menempelnya pada dinding atau lemari es untuk membuat anak terus mendorong pribadi yang percaya diri.

Beberapa cara diatas perlu dilakukan oleh orangtua untuk membantu tumbuh kembang anak. Untuk gambar yang dibuat biasanya anak akan menuangkan kreatifitasnya dengan meniru barang disekitarnya atau biasanya menggambarkan keluarga dalam rumah. Hal inilah yang membuat anak dapat menggambar dan orangtua juga dapat menilai apakah anak memiliki keahlian.

Setelah menggambar tentunya akan segera diwarnai, berikut adalah manfaat mewarnai diantaranya:

  • Melatih konsentrasi, dengan memegang krayon di atas kertas, kemudian mewarnai yang membutuhkan perhatian yang intens dan fokus pada apa yang dikerjakannya.
  • Mengenal tekstur, menstimulasi kemampuan motorik halus dan membantu anak mengembangkan kemampuan menggenggam, menggores, menekan dan mengkoordinasikan tangan dan mata.
  • Mengembangkan imajinasi, mencurahkan berbagai hal yang diinginkan dalam gambar dan membantu anak memperkaya cerita.

Selain itu dengan adanya pujian dari orangtua akan membuat anak lebih semangat untuk berkarya lagi. Beberapa anak menyukai coret-coretan warna dan tetap hargai usahanya sebagai caranya untuk memulai mengenal warna. Selain itu dalam mewarnai memiliki metode yang berbeda-beda ada yang miring, vertikal dan horizontal sesuai dengan keinginan. Sebagai orangtua tetap dampingi anak dan dapat melengkapi beberapa peralatan menggambar yang lainnya untuk menambah minat anak.

0 comments:

Post a Comment