WHAT'S NEW?

Cara Mengelola Dana Pensiun Agar Lebih Bermanfaat untuk Menunjang Kebutuhan di Usia Tua

Memasuki usia yang sudah tidak muda lagi memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya kinerja sudah semakin menurun, tak hanya kinerja tubuh saja, melainkan juga pikiran, sehingga sudah masanya Anda mengundurkan diri dari perusahaan atau istilahnya adalah pensiun. Paling tidak nantinya di usia yang tidak muda lagi tak perlu memikirkan hal-hal yang berat, tinggal fokus kepada keluarga di rumah dan menjalani kegiatan ringan sambil menghabiskan waktu bersama dengan pasangan.
 
 
Namun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya pensiun ini juga harus membuat kondisi keuangan nantinya juga akan mengalami goncangan, mengingat bagaimanapun setiap bulan sudah tak lagi bisa menerima gaji dari pekerjaan. Meskipun masih ada anak-anak yang nantinya akan menyokong kebutuhan, namun tentunya ada rasa kurang enak dengan melibatkan buah hati untuk memenuhi kebutuhan bukan. Untuk itulah mulai lakukan persiapan sedini mungkin, kelola uang pensiun dengan tepat, sehingga bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan setelah tidak lagi bekerja, diantaranya adalah:

  • Investasi, setiap orang memiliki jumlah uang pensiun yang tidak bisa dikatakan sedikit, karena sudah mengabdi dalam sebuah perusahaan untuk jangka waktu yang tidak pendek, uang dari pensiun tersebut nantinya bisa digunakan untuk berinvestasi, namun pilihlah jenis investasi yang aman, seperti diantaranya adalah dengan membeli ruko kemudian menyewakannya. Ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan pilihan investasi yang beresiko layaknya saham.
  • Ikuti asuransi, sudah pensiun, namun masih banyak diantara anak-anak yang menjadi tanggungan Anda, utamanya adalah dalam hal pendidikan, tak mau nantinya pendidikan mereka harus terhenti di tengah jalan hanya karena tidak lagi bekerja, maka salah satu solusinya adalah dengan berinvestasi, namun paling tidak mulailah investasi sedini mungkin.
  • Tabung ke bank. Jenis tabungan yang paling cocok adalah deposito, lakukan paling tidak untuk jangka waktu 12 bulan atau 1 tahun sudah cukup untuk mendapatkan total bunga yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis tabungan biasa.
  • Membuat sebuah usaha, meskipun sudah tidak lagi bekerja di sebuah perusahaan karena faktor usia, nyatanya masih banyak diantaranya yang tetap berpikiran untuk menjalani aktifitas lain setelah pensiun, misalnya adalah dengan membuka sebuah bisnis sendiri, hanya saja jika ingin menjalani sebuah bisnis, maka carilah partner muda, misalnya adalah anak-anak. Sehingga Anda rak perlu banyak keluar tenaga disana, nantinya usaha tersebut juga dapat diwariskan kepada buah hati untuk membantu pemasukan mereka.

Itulah cara terbaik mengelola dana pensiun Anda sehingga tidak habis begitu saja, melainkan bisa bermanfaat untuk kedepannya, karena tetap butuh uang untuk menyokong kebutuhan di usia tua. Apalagi jika Anda ingin menghabiskan waktu secara nyaman dengan jalan-jalan bersama dengan pasangan.

0 comments:

Post a Comment