WHAT'S NEW?

6 Jenis Perawatan Wajib Mobil Koleksi Atau yang Jarang Dipakai

Meskipun pada dasarnya mobil menjadi salah satu sarana transportasi yang sangat nyaman untuk digunakan menunjang setiap perjalanan, namun ada juga sebagian masyarakat yang hanya menjadikan kendaraan roda empat ini sebagai koleksi di dalam bagasi saja, artinya mereka memang senang membeli, namun jarang menggunakannya. Hanya akan dipakai untuk moment-moment khusus atau sejenisnya. Orang-orang semacam ini umumnya memang lebih senang investasi uang mereka ke sebuah produk kendaraan, bukan yang lainnya.
 
 
Meskipun pada dasarnya nilainya akan turun seiring dengan bertambahnya waktu, namun paling tidak ada rasa puas ketika bisa memiliki kendaraan yang diinginkan, meskipun nantinya juga tak akan digunakan. Padahal tentunya Anda sendiri juga tau jika mobil jarang dipakai nantinya akan lebih mudah rusak, mesinnya akan turun bahkan mudah mengkarat. Untuk itu agar kondisinya tetap baik, maka lakukan beberapa hal ini untuk perawatannya, yaitu:

  • Pastikan kondisi body luar kendaraan tetap dalam kondisi bersih, meskipun pada dasarnya tidak digunakan untuk berkendara di jalan raya, namun hanya dengan menyimpannya di dalam bagasi tetap menyebabkan kendaraan yang Anda miliki tertimbun oleh debu, sehingga permukaannya akan kotor. Pencucian atau pembersihannya wajib dilakukan secara teratur untuk memastikannya tetap baik.
  • Mengecek kondisi ban, ingat bahwa ban ini adalah komponen yang begitu vital dalam sebuah kendaraan, tak hanya ketika sering digunakan, justru saat jarang digunakan, maka kondisinya akan lebih cepat rusak, karena lama tak dipakai terkadang beberapa bagian bocor ketika diisi dengan udara. Itulah mengapa harus dilakukan pengecekan secara teratur, bagaimana kondisi fisiknya dan tekanan udara yang ada di dalamnya.
  • Pastikan bahan bakar di dalamnya selalu dalam kondisi penuh, sehingga meskipun tidak digunakan nantinya Anda tetap bisa menghidupkan atau memanasi mesin tersebut, inilah yang paling penting untuk membuat kondisi mesin bagian dalamnya tetap berfungsi optimal meskipun jarang dipakai, yaitu harus selalu dipanasi.
  • Ganjal bagian wipernya, karet wiper jika terus menerus bersentuhan dengan bagian kaca akan membuatnya kian menipis, bahkan terkadang rusak, untuk itulah ketika tidak dipakai lebih aman untuk mengganjal sela-sela yang akan diantaranya agar tidak mudah rusak.
  • Mengecek kondisi rem, saat tidak digunakan maka minyak yang menempel pada piringan rem tersebut akan menjadi lengket dan kemungkinan besar menyebabkan kerusakan. Sehingga ketika mobil jarang digunakan nantinya rem tangan juga mudah rusak, harus selalu dicek performanya, sehingga tidak membahayakan ketika dipakai berkendara.
  • Tutupi body mobil dengan menggunakan cover, sehingga tak banyak debu yang menempel atau bahkan resiko selalu terkena tetesan air hujan, karena bisa memicu terjadinya karat pada kendaraan.

Mudah bukan, dengan demikian kendaraan koleksi Anda tetap awet baik dari segi fisik maupun mesin.

0 comments:

Post a Comment