WHAT'S NEW?

5 Trik Mengatur Keuangan untuk Lebaran Agar Tabungan Tidak Terkuras Habis

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, hal inilah yang membuat bulan Ramadhan menjadi begitu khas di dalam negeri dengan serangkaian tradisi-tradisinya. Seperti ngabuburit, kemudian juga tradisi sholat tarawih berjama’ah dan sejenisnya, termasuk ketika hari kemenangan atau yang lebih dikenal sebagai lebaran tiba. Moment yang nyatanya memang paling dinantikan oleh umat Islam setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa tersebut. 
 
 
Mulai dari mudik, kemudian memborong berbagai macam item fashion baru, hingga tradisi angpao, tak jarang diantaranya hal ini sering kali menyebabkan masyarakat mengalami masalah keuangan selepas lebaran tiba, karena begitu banyak hal yang harus dibeli jelang datangnya lebaran tersebut, jadi seluruh isi kantong terkuras habis, untuk itulah berikut ini ada beberapa cara dalam mengelola keuangan jelang datangnya lebaran agar nantinya kantong tetap aman, yaitu:

  • Susun terlebih dahulu daftar pengeluaran, pastinya berbekal dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya Anda sudah tau hal-hal apa sajakah yang nantinya harus dibeli selama jelang lebaran tersebut, mulai dari pakaian untuk buah hati dan istri, kemudian kebutuhan belanja menu makanan lebaran, kue untuk suguhan di atas meja hingga yang tak kalah penting adalah angpao, susun seluruh kebutuhan tersebut jauh-jauh hari sebelumnya.
  • Prioritaskan kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu, sedangkan yang tidak ada baiknya dihilangkan, contohnya untuk membeli pakaian baru, ketika masih banyak pakaian yang belum digunakan di dalam lemari dan masih bagus kondisinya, maka tak perlu membeli lagi, tinggal membeli untuk buah hati saja, ini efektif dalam menekan pengeluaran.
  • Manfaatkan big sale, tak jarang diantaranya beberapa toko atau department store yang mengadakan event menggembirakan seperti diantaranya adalah diskon besar-besaran untuk konsumen setia mereka jelang lebaran ini, maka untuk berburu beberapa macam kebutuhan bisa datang saat moment diskon tersebut. Lumayan bisa mendapatkan banyak barang bagus dengan harga yang lebih murah.
  • Gunakan kartu kredit jika perlu, tak jarang beberapa barang dijual dengan harga yang murah, namun khusus untuk pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu saja, jika memang Anda masuk sebagai salah satu membernya, jangan ragu memanfaatkan sarana yang satu ini untuk membayar, toh nantinya kartu kredit masa pelunasannya bisa dilakukan dengan sistem angsuran juga.
  • Jangan langsung dihabiskan semua uang THR, jika bisa ditabung, siapa tau setelah lebaran nantinya ingin menghabiskan waktu untuk jalan-jalan bersama dengan anggota keluarga yang lainnya, uang THR bisa jadi penyelamat.

Paling tidak dengan melakukan perencanaan sedini mungkin bisa menyelamatkan sebagian uang yang ada dalam tabungan untuk pemenuhan kebutuhan lebaran ini. Jangan langsung menghabiskannya dalam sekali waktu.

0 comments:

Post a Comment