WHAT'S NEW?

4 Tips Tepat Merawat Kebaya Brokat Modern Agar Selalu Awet

Untuk acara resmi dan spesial biasanya kalangan wanita akan memakai kebaya brokat modern supaya nampak cantik dan elegan. Kebaya brokat memang selalu menjadi pilihan yang menarik untuk menghadiri acara resmi yang sifatnya spesial. Misalnya acara kondangan, dan perlu memilih lebih teliti kalau di pernikahan tersebut adalah saudara sendiri yang bersanding. Membeli kebaya brokat ini bisa di pertokoan khusus kebaya atau membeli kain kemudian diantarkan ke tukang jahit.


Opsional lain adalah membeli bahan maupun kebaya siap pakai secara online karena di situs jual beli online terpercaya tersedia kebutuhan jenis ini. Tidak perlu bingung memilih tempat terbaik untuk membeli kebaya tersebut karena kalau memang sudah menemukan yang cocok dijamin akan langsung memboyongnya pulang. tentukan pilihan dengan cermat sehingga modelnya pas dengan bentuk badan sekaligus mutunya bagus. Supaya awet, apalagi kebaya brokat memang rentan cepat rusak karena brokat sendiri terbilang rapuh.

Butuh tindakan khusus untuk merawatnya sehingga membantu menjaga kondisi kebaya tetap apik dan nyaman saat dikenakan. Tidak menutup kemungkinan kebaya ini nantinya akan dipakai beberapa kali di beberapa kesempatan. Kalau tidak dirawat dengan baik maka saat dibutuhkan kondisinya sudah tidak memungkinkan, kalau dipaksakan dijamin penampilan kurang menarik. Sedangkan kalau harus memilih membeli baru dijamin budget yang dikeluarkan cukup besar karena kebaya brokat memang tidak bisa disebut murah.

Menjadikan Kebaya Brokat Lebih Awet
Untuk menjadikan kebaya brokat modern lebih awet dan nyaman digunakan untuk jangka panjang maka rawatlah dengan baik. perawatan yang bisa dilakukan antara lain:

1. Tidak terlalu sering dicuci,

Kebaya brokat yang Anda kenakan untuk menghadiri acara penting dijamin tidak akan terlalu kotor, apalagi hanya dipakai selama beberapa jam saja. Maka usahakan untuk tidak sering dicuci kalau tidak ingin brokatnya melar dan robek di beberapa bagian. Usai dipakai cukup diangin-anginkan saja, dan kalau dirasa sudah sering dipakai baru kemudian dicuci.

2. Baiknya dicuci secara manual,

Khusus untuk kegiatan mencuci kebaya brokat memang baiknya tidak memakai mesin melainkan dicuci secara manual. Tujuannya untuk merawat brokat agar tidak mudah robek karena memang karakternya sangat rapuh. Sedangkan kalau memang ada noda yang lumayan membandel, misal noda jus jeruk yang tidak sengaja menciprati kebaya yang dipakai. Maka bisa diatasi dengan mengoleskan air jeruk lemon kemudian disikat pelan memakai sikat gigi sampai bersih.

3. Simpan dengan benar sesuai jenis bahan,

Kebaya brokat memiliki bahan pelapis yang bisa dibuat dari kain satin, katun, atau jenis kain lain yang tentunya butuh perawatan secara khusus. Jenis bahan akan mempengaruhi proses penyimpanan supaya hasilnya melindungi dan bukannya merusak kebaya brokat tersebut. Sebagai contoh, untuk kebaya brokat dari bahan sutra tentu tidak cocok disimpan dengan cara dilipat melainkan digantung memakai hanger yang dilengkapi padding. Sementara untuk kain lace atau bermanik idealnya dilipat.

4. Lapisi dengan kain tipis saat disetrika,

Kebaya brokat sebenarnya memang aman untuk disetrika dengan catatan tidak tertimpa setrika secara langsung. Anda perlu melapisinya dengan kain yang tipis dulu agar brokat di kebaya ini tidak rusak dan terbakar setrika. Turunkan pula suhu setrika supaya tidak langsung berdampak buruk bagi kondisi dan penampilan brokat. Menyetrika kebaya akan memastikan bentuknya terjaga dan selalu rapi, terlebih untuk kebaya brokat modern yang dilipat saat disimpan.

0 comments:

Post a Comment