WHAT'S NEW?

4 Tips Mengatasi Anak Rewel dengan Berbagai Sebab

Tips mengatasi anak rewel – 4 Tips Mengatasi Anak Rewel dengan Berbagai Sebab – Kalau sudah punya momongan, tentu tidak asing ya dengan nyanyian satu ini.

Yup! Inilah instrumen terindah untuk siapa saja yang sudah menikah. Bagi yang belum diberi jatah tentu berharap sangat akan segera hadir suara merdu dari si buah hati.

Namanya anak kecil, pasti ada saja saat-saat ketika ia rewel. Untuk yang sudah bisa berbicara mungkin dia bisa menjelaskan alasan mereka merengek.

Tapi kalau yang masih bayi dan belum bisa berbicara, tentu ini menjadi tantangan sendiri bagi orang tua untuk mencari tahu penyebab si anak menjadi rewel.

Anak yang rewel bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain karena sedang sakit, lapar, ingin sesuatu, berada di tempat baru, dan lain sebagainya.

Mengatasi Anak Rewel

Sebagai orang tua, sudah tugas anda untuk mengatasi kerewelan si kecil sebelum kerewelan tersebut menganggu orang sekitar. Tidak perlu bingung dan stress terlebih dahulu.

Inilah 4 Tips Mengatasi Anak Rewel dengan Berbagai Sebab

1.Cara Mengatasi Anak Rewel Karena ditinggal Pergi

Rewel yang paling sering terjadi pada anak adalah rewel karena ditinggal orang tua. Anak-anak memang sulit sekali ditinggal pergi.

Akhirnya, aktivitas orang tua pun banyak yang menjadi gagal. Padahal sesekali juga orang tua perlu memiliki waktunya sendiri. Untuk cara mengatasi anak rewel yang satu ini, anda harus memberikan penjelasan kepada anak.

Jelaskan kenapa anda harus pergi dan kemana anda akan pergi. Dengan begitu anak akan mengerti. Kalau bisa, jangan bohongi anak ketika akan pergi. Pergi secara sembunyi-sembunyi juga sebaiknya jangan dilakukan. Siapkan aktivitas menarik untuk anak sehingga ia lupa akan kepergian anda.

2. Cara Mengatasi Anak Rewel di Tempat Baru

Pasti anda pernah mengalami situasi dimana anak menjadi rewel ketika berada di tempat baru atau asing. Sebenarnya kondisi ini wajar saja.

Tapi seringkali tetap membuat orang tua menjadi kesal. Hal ini dapat terjadi karena mungkin anak merasa terancam dan tidak nyaman di tempat baru.

Apalagi kalau ia tidak pernah mengetahui tempat apa itu sebenarnya. Cara mengatasi anak rewel yang disebabkan oleh hal ini adalah dengan menjelaskan terlebih dahulu tempat-tempat yang akan anda kunjungi.

Jelaskan dulu padanya, untuk apa tempat ini dan kondisi apa yang akan ia temui. Semakin sering anda bepergian ke tempat-tempat baru bersama anak anda, maka semakin kaya dan luas pengalaman anak.

3. Cara Mengatasi Anak Rewel Karena Sakit

Ketika anak sedang sakit, biasanya anak menjadi rewel dan lebih manja. Hal ini wajar saja, karena kondisi yang ia alami pasti terasa sangat tidak nyaman sehingga membuatnya menjadi uring-uringan. Cara mengatasi anak rewel karena sakit, yang pasti anda harus bersabar.

Anak akan lebih banyak membutuhkan perhatian anda. Ciptakan suasana yang nyaman dengannya dan buatlah ia merasa diperhatikan.

Kalau anak merasa bosan, kemungkinan ia menjadi rewel akan semakin besar. Coba anda sediakan mainan untuk ia mainkan ketika ia sakit.

Kalau bisa mainan yang diberikan adalah mainan yang bisa dimainkan di tempat tidur, sehingga istirahat anak tidak akan terganggu.

4. Cara Mengatasi Anak Rewel Karena Butuh Perhatian

Anak yang rewel biasanya memang bisa disebabkan oleh hal yang aneh-aneh. Salah satunya adalah karena keberadaan sang ibu di rumah.

Kalau anda seorang wanita karier yang setiap hari bekerja, tidak heran kalau anak menjadi rewel dan manja ketika anda sedang libur di rumah.

Jarangnya kemunculan anda di rumah membuat ia memanfaatkan kesempatan ini untuk bermanja-manja dengan anda.

Untuk cara mengatasi anak rewel yang satu ini, anda harus bisa bersikap tegas dan konsisten. Peraturan yang ada di rumah harus dilakukan oleh semua anggota rumah.

Sebaiknya juga berikan arahan kepada si pengasuh anak agar pola asuh yang diterapkannya sama dengan apa yang kita terapkan. Dengan begitu anak menjadi terbiasa dengan pola asuh yang ada.

Demikianlah artikel mengenai 4 Tips Mengatasi Anak Rewel dengan Berbagai Sebab, memang menenangkan anak dengan cara-cara diatas tidak bisa instan.

Baca Juga : Barang apa saja yang perlu dibawa saat berlibur

Butuh kesabaran semua pihak. Sang ibu, ayah, nenek, kakek, bahkan para tetangga. Namun ini terbukti efektif mengurangi tingkat kerewelannya saat berhadapan dengan kejadian serupa. semoga bermanfaat info ini ya. Selamat Membaca.

0 comments:

Post a Comment