WHAT'S NEW?

Beberapa Bentuk Penipuan Promo Belanja Online

Bukan hal baru lagi jika masyarakat di era teknologi seperti sekarang ini jauh lebih tertarik belanja online dibandingkan dengan belanja secara langsung, karena sangat praktis dan juga banyak keuntungannya. Sejalan dengan banyaknya toko-toko online yang bertebaran di dunia maya mereka kian bersaing untuk bisa gaet lebih banyak konsumen. Dengan adanya persaingan inilah yang memunculkan tawaran harga istimewa, diantaranya adalah promo belanja online yang ditawarkan memang semakin gila-gilaan.


Mereka gencar-gencarnya memberikan tawaran harga hemat untuk bisa bersaing dengan toko-toko yang lainnya. konsumen yang diberikan pilihan ingin beli produk apa dan juga dimana. Hanya saja tentunya tak hanya harga saja yang harus dipertimbangkan ketika ingin belanja secara online. Kenyataannya harga hemat belum tentu menjamin keamanan dalam bertransaksi secara online. Mengingat bukan hal yang baru lagi jika seandainya ada banyak masyarakat yang tertipu dengan adanya tawaran promo tersebut. Uang sudah sampai ke tangan penjual, namun barang tak kunjung dikirimkan.

Hal semacam ini sudah sering terjadi, untuk itulah agar tak mau tertipu konsumen harus selektif dan cerdas ketika ingin berbelanja. Berikut ini ada tips aman bagi yang ingin melakukan transaksi belanja online di tengah serbuan promo murah ini, diantaranya adalah:

  • Harga murah yang tidak masuk akal adalah ciri penipuan, sering kali pastinya konsumen yang mendapatkan tawaran promo belanja online dengan harga benar-benar gila. Khususnya adalah produk gadget atau perangkat teknologi yang pada dasarnya memiliki harga sangat mahal menjadi begitu murah. Terkadang tidak masuk akal, jangan buru-buru membelinya, karena jika di nalar setiap orang berjualan untuk mendapatkan keuntungan, namun jika ternyata barang dijual dengan harga di luar akal tentunya tak mungkin penjual akan untung, ini bisa jadi adalah bentuk penipuan, sehingga patut dihindari.
  • Tawaran berantai dari SMS nomor yang tak dikenal, sekarang ini bentuk penipuan macamnya sangat banyak sekali, salah satunya adalah dengan pesan singkat berantai atau SMS. Mereka biasanya akan menawarkan barang-barang murah dengan alamat sebuah situs yang nantinya ditautkan, jika dilihat situsnya tidak profesional, hanya blog gratisan dan barang yang dijual harganya juga tak masuk akal. Waspadai karena ini juga termasuk dalam bentuk penipuan.
  • Situs yang tidak jelas, biasanya penipu tak akan pernah modal untuk membuat sebuah website dengan domain, melainkan mereka cukup mengandalkan adanya sebuah blog gratisan. Layaknya seorang penjual maka ada berbagai macam pilihan barang yang dijual, dengan harga murah. Namun namanya tidak dikenal luas oleh masyarakat. Untuk itu bagi pemula dalam hal transaksi online pastikan hanya berbelanja dari nama-nama atau situs yang sudah terpercaya saja.
  • Meminta nomor kartu kredit atau kata sandi e-banking, sistem pembayaran yang diberikan hendaknya harus lengkap dan juga profesional dengan demikian maka konsumen akan mendapatkan kenyamanan dalam hal transaksi, namun ketika penjual meminta nomor dari kartu kredit yang dimiliki maupun sandi e-banking tentunya patut untuk dicurigai, karena pada dasarnya dalam hal pembayaran semuanya sudah masuk dalam privacy konsumen. Jadi hati-hati membuka akun e-banking di sebuah situs-situs penjualan yang tidak jelas.

Di satu sisi promo belanja online memang terlihat sangat menggiurkan, namun bisa jadi juga menjadi bencana bagi konsumen ketika tidak hati-hati, mengingat bentuk-bentuk penipuan dalam hal ini sangatlah banyak, untuk itu patut diwaspadai.

0 comments:

Post a Comment