WHAT'S NEW?

Trend Fashion Jaket Wanita Korea Oleh Masyarakat

Banyaknya import produk pertelevisian salah satunya adalah drama-drama negeri Asia timur, menyebabkan banyak budaya mereka yang diserap oleh masyarakat Indonesia. Beberapa diantaranya adalah menu kuliner, musik, hingga trend fashionnya. Hal ini bukan hal baru di Indonesia mengingat masyarakatnya yang memang masih mudah terbawa arus oleh apa yang disukainya. Jika pada anak-anak kita masih melihat baju-baju yang disablon bergambar kan tokoh kartun kesukaan mereka, bagi orang dewasa penyerapan trend fashion langsung ke model yang digunakan oleh para artis drama, salah satunya adalah jaket wanita korea yang pastinya sering digunakan disana untuk melindungi tubuh dari dinginnya musim salju.


Pada dasarnya menyerap budaya negeri orang sah-sah saja asalkan budaya tersebut sesuai dengan kebudayaan kita. Korea dan Indonesia adalah sama-sama negeri di Asia yang memiliki musim dingin sehingga penyerapan jaket sebagai produk fashion bisa digunakan di kedua negara. Jaket yang umumnya digunakan di Korea berbentuk semi blazer atau bisa dianggap sebagai model formal di Indonesia. Memiliki semacam kancing dengan panjang hingga menyentuh lutut bahkan mata kaki karena dinginnya cuaca di sana. Lengannya pun panjang hingga menutup pergelangan tangan untuk melindungi dari membekunya bagian gerak tubuh.

Dengan model di atas tidak ada masalah mengingat jaket korea memberikan model yang tertutup dan sopan seperti kebudayaan Indonesia. Namun jika dilihat dan diraba lagi, penggunaan bahan jaket sangat tebal mengingat cuaca di sana sehingga apabila digunakan langsung tanpa ada modifikasi di Indonesia akan mengakibatkan pemakainya di sini kepanasan. Hal ini disebabkan di Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sedangkan pada musim hujan pun cuaca tidak begitu dingin, kecuali Anda memang tinggal di dataran tinggi seperti area pegunungan.

Jaket wanita Korea yang bisa digunakan di Indonesia ada baiknya hanya meniru model dan bentuknya saja namun menggunakan bahan yang lebih tipis sehingga lebih bisa digunakan di Indonesia. Sedangkan untuk jaket tebal, dapat dikategorikan sebagai jaket untuk penggunaan di cuaca yang sangat dingin seperti di pegunungan, untuk mendaki, maupun ketika akan bepergian ke area wisata tertentu.

Dengan menggunakan jaket ala wanita Korea, ada beberapa kelebihan yang diperoleh para pemakainya di Indonesia yaitu:
  • Terlihat lebih stylish.
  • Lebih sopan.
  • Lebih formal.
  • Terlihat lebih tinggi.
  • Dapat menutup anggota badan dengan lebih sempurna.
  • Dapat dipadukan dengan busana bawahan muslim panjang jika jaket berlengan panjang.
  • Memiliki kantung besar sehingga dapat digunakan dengan lebih fleksibel.
Secara garis besar, jaket wanita ala korea sendiri memiliki 2 bentuk yaitu:
  • Panjang hingga lutut.
  • Panjang hingga mata kaki.
Keduanya dapat dimodifikasi dengan baik sehingga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan atau tujuan penggunaan dan lokasi yang akan dituju. Misalnya untuk jaket hingga lutut dapat digunakan sebagai jaket sekaligus atasan ketika hangout dengan teman-teman. Sedangkan untuk jaket panjang hingga mata kaki dapat digunakan ketika akan bepergian jauh ke daerah dingin.

Itulah sekilas mengenai jaket wanita korea yang ikut diserap oleh masyarakat Indonesia melalui berbagai drama ala Korea yang banyak tayang di televisi saat ini. Alangkah baiknya ketika kita ingin mengadaptasi kebudayaan negara lain disesuaikan terlebih dahulu dengan kebudayaan kita sehingga dapat diterima bukan hanya oleh diri sendiri namun juga masyarakat luas secara umum seperti pada jaket ala korea tersebut.

0 comments:

Post a Comment