WHAT'S NEW?

Baru Memiliki Mobil Matic? Lakukan Hal Ini Agar Bisa Awet dan Tahan Lama

Mobil dari beritaoto.net memang merupakan jenis kendaraan pribadi yang diinginkan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia karena dapat memuat banyak orang dan dapat digunakan untuk berpergian jauh, serta dapat memberikan kenyamanan yang maksimal. Selain itu, saat ini model mobil yang paling disukai oleh mereka adalah yang memiliki transmisi otomatis. Terutama pada kota Jakarta yang terkenal dengan kemacetannya, jika mereka terjebak kemacetan, pastinya menggunakan mobil matic jauh lebih nyaman dan tidak membuat lelah dibanding dengan mobil manual yang harus menginjak kopling terus menerus. Namun, nyatanya mobil matic ini rentan terhadap kerusakan yang dapat terjadi karena masalah kecil sekali pun. Untuk itu, pemiliknya pun dituntut untuk bisa menggunakannya dengan baik serta merawat dan membersihkannya dengan baik dan benar juga. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat mobil matic Anda dapat dipakai dalam waktu yang lama dan awet:

Baru Memiliki Mobil Matic


1. Teratur Ganti Oli

Biasanya, mobil harus diganti olinya ketika sudah mencapai jarak tempuh yang terhitung dan lamanya dari penggunaan mobil tersebut. Mobil transmisi otomatis akan sangat dianjurkan untuk mengganti oli setelah mencapai jarak 50.00 km. Jika Anda selalu melintasi jalan atau wilayah yang terjadi macet selalu, maka Anda harus sesering mungkin mengganti olinya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jenis oli mana yang akan dipakai. Gunakan oli khusus mobil matic dan pilihlah merk serta kualitas dari oli tersebut.

2. Posisi Transmisi yang Tepat

Jika menggunakan mobil matic, Anda harus selalu memastikan agar posisi tuasnya selalu berada dalam keadaan neutral atau N, terutama ketika mobil berhenti. Jika Anda tidak memperhatikannya dan selalu memposisikan tuas pada mode Drive atau D, maka kanvas kopling Anda akan terus bergesek. Hal tersebut nyatanya dapat membuat kinerja dari transmisi mobil menjadi tidak baik dan tidak optimal. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan tuas ketika mobil sudah tidak dipakai.

3. Jangan Tancap Gas Tiba-Tiba

Ketika Anda baru ingin menjalankan mobil, jangan langsung menginjak pedal gasnya secara dalam-dalam. Jika melakukannya, maka hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dari katup solenoid. Sistem dari mobil matic ini memerlukan beberapa detik untuk bisa menghasilkan tekanan oli ke bagian converter torsinya. Apabila proses tersebut belum selesai dan Anda sudah memberikan tekanan yang besar, maka katup solenoid Anda pun akan cepat rusak.

4. Panaskan Sebelum Dipakai

Hal ini memang sangat sepele, namun nyatanya jika diabaikan, hal ini akan membuat mesin Anda menjadi terganggu. Milikilah kebiasaan untuk memanaskan mesin mobil matic Anda terlebih dahulu pada pagi hari atau sebelum Anda akan memakainya. Selain itu, pastikan agar tuas transmisi Anda berada pada posisi N ketika sedang dipanaskan, jangan lupa untuk selalu mengecek posisinya.

0 comments:

Post a Comment