WHAT'S NEW?

Kenali Jenis Lensa Kamera Nikon Sebelum Membelinya

Bagi yang berprofesi ataupun sekedar hobi dengan dunia fotografi sudah tentu sangat akrab dengan kamera dan lensa-lensanya. Lensa pada kamera memiliki fungsi yang sangat vital sebab membantu membidik obyek secara sempurna. Beberapa jenis lensa dirancang khusus untuk mampu memotret dalam kondisi dan situasi yang terbilang kurang menguntungkan. Supaya kamera yang digunakan lebih maksimal gunakan lensa Nikon yang memang terdiri dari beberapa pilihan dan dikenal sebagai lensa terbaik. 


Lensa merek Nikon bisa dijadikan andalan untuk meningkatkan stabilitas dan kualitas bidikan kamera DSLR yang dipakai. Menariknya pilihan tersedia cukup banyak dan masing-masing dibuat khusus untuk menyesuaikan dengan karakter bidikan. Misalnya saja: 

  • Lensa yang mampu membidik obyek berukuran kecil dengan jelas, sehingga bisa memotret aneka jenis serangga. 
  • Lensa yang efektif membidik sasaran meski jarak jauh sehingga hasil bidikan terlihat nyata walaupun diambil dari jarak sekian ratus meter dari obyek. 
  • Ketika membeli lensa tambahan untuk perangkat kamera DSLR kesayangan baiknya menimbang kebutuhan Anda sendiri. Sebab satu lensa hanya sangat cocok untuk membidik obyek dengan karakter tertentu, mungkin ukurannya kecil, bergerak, atau jarak terlalu jauh. Ditambah satu lensa harganya lumayan dan beberapa diantaranya memiliki harga lebih mahal dibanding kamera DSLR itu sendiri. Daripada boros akut, tentu lebih baik membeli yang paling sesuai dengan kebutuhan supaya puas sekaligus berhemat. 

Ketika berencana untuk membeli lensa Nikon maka pastikan dari rumah sudah bisa menentukan jenis lensa mana yang perlu dibeli. Supaya memiliki gambaran baiknya cari tahu dulu jenis lensa kamera DSLR apa saja, dan berikut beberapa diantaranya: 

  • Lensa zoom, 
Paling familiar bagi pengguna kamera DSLR adalah lensa jenis zoom yang memiliki kemampuan mampu memperbesar dan mengurangi jarak tangkap kamera. Memakai lensa jenis ini terbilang efisien sebab Anda bisa mengatur jarak bidikan tanpa perlu berpindah-pindah. Tentunya Anda tidak perlu pula mengganti lensa berbeda, sebab bisa memotret jarak dekat ataupun jauh. 

  • Lensa ultra wide, 
Merasa memerlukan lensa yang mampu memotret dengan luas yang lumayan lebar? Nah, jawabannya tentu saja lensa wide dan lensa ultra wide. Kedua lensa ini dirancang untuk mampu mengatur daya tangkap kamera menjadi lebih luas dari semestinya. Sangat cocok digunakan untuk memotret obyek yang jumlahnya besar dan berukuran jumbo. Misal foto pernikahan bersama seluruh keluarga besar, supaya tidak ada anggota keluarga yang terpotong maka bisa memakai lensa ultra wide ini. 

  • Lensa tele, 
Lensa tele hadir pula dengan jenis lensa super tele, dengan jarak fokus antara 70mm sampai melebihi 200mm. otomatis lensa jenis tele ini membantu Anda untuk menangkap obyek dari jarak yang jauh. Biasanya juga sering dipakai oleh paparazzi untuk membidik kegiatan para selebriti tanpa diketahui selebriti itu sendiri. Selain itu dipakai pula oleh fotografer alam liar, mengingat beberapa jenis hewan liar cukup berbahaya untuk didekati. 

  • Lensa makro, 
Khusus bagi Anda yang suka memotret obyek dari jarak dekat dan kebetulan obyek berukuran kecil, seperti semut. Maka lebih cocok memotret memakai lensa makro, sehingga membantu membidik obyek berukuran mungil secara jelas. Bahkan lensa jenis ini mampu menangkap refleksi dari bulatan empuk di atas dedaunan tanaman. Hasilnya tentu mengagumkan, sehingga lensa Nikon jenis makro bisa dijadikan andalan bagi Anda yang suka memotret serangga ataupun tema food photography. 

0 comments:

Post a Comment