WHAT'S NEW?

Cara dan Tips Membuka Toko Handphone

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, maka berkembang pula keinginan orang untuk terus memperbaharui kepemilikan teknologi tersebut. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak bermunculannya toko handphone yang menawarkan berbagai produk alat komunikasi tersebut. Bagi sebagian orang mungkin berbisnis handphone adalah yang dapat memberikan keuntungan lebih bagi mereka, selain kemudahan dalam penjualannya, handphone juga sudah termasuk dalam kategori kebutuhan primer bagi setiap orang.


Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis jual beli handphone, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengerti mengenai seluk beluk handphone, agar nantinya ketika Anda melayani konsumen Anda tidak akan terbata-bata dalam menjawabnya. Perdalam lah terlebih dahulu pengetahuan Anda mengenai dun ia handphone mulai dari cara penggunaan, fitur-fitur yang ada didalamnya hingga harga dan spesifikasi handphone lama hingga handphone terbaru.

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membuka toko yang melayani jual beli handphone adalah mengurus surat-surat perijinan untuk membuka usaha. Surat ijin untuk membuka usaha ini dapat Anda peroleh dengan mendatangi dan mengurusnya di Disperindag terdekat dengan tempat toko akan dibuka. Perijinan resmi ini sangat diperlukan karena nantinya akan dibutuhkan untuk memperlancar usaha toko Anda.

Dalam hal dekorasi toko handphone yang akan Anda buka, mintalah sebuah vendor telepon seluler atau merk handphone tertentu untuk membantu mendekorasi toko yang sedang Anda rancang. Biasanya vendor-vendor tersebut mempunyai fasilitas khusus untuk agen mereka dalam mendekorasi toko. Dengan meminta bantuan dari vendor, Anda berarti telah menghemat budget dalam mendekorasi ruang toko yang akan Anda jadikan sebagai tempat usaha sehari-hari. Untuk dapat mengakses fasilitas ini, Anda dapat mengajukan permohonan kepada pihak vendor, jika pihak vendor menyetujuinya maka tim yang mereka tunjuk akan segera mendekorasi ruang toko Anda.

Untuk memberikan kenyamanan dalam melayani konsumen, sebaiknya Anda memasang etalase pendek dengan bangku yang pendek pula. Hal ini dimaksudkan agar konsumen dapat berhadapan langsung dengan penjual ketika melakukan transaksi jual beli. Untuk penataan display dalam etalase, sebaiknya anda menggunakan bentuk contoh atau dummy dari sebuah handphone, karena pada dasarnya handphone baru masih terdapat dalam box dan tersegel sehingga tidak dapat dijadikan sebagai barang display. Mengingat harga handphone sering mengalami fluktuasi, maka sebaiknya anda tidak menyetok handphone dalam jumlah yang banyak. Dan untuk handphone dengan tipe yang high dengan harga diatas 3 juta, sebaiknya Anda hanya mengambilnya jika memang ada konsumen yang akan membeli, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

Untuk menambah fasilitas dan pendapatan pada toko untuk handphone yang Anda kelola, ada baiknya Anda menambahkan barang-barang yang sering dicari konsumen ketika memutuskan untuk membeli sebuah handphone. Adapun jenis barang tersebut, antara lain adalah:

  1. Voucher ataupun pulsa handphone elektrik.
  2. Sarung handphone.
  3. Casing handphone.
  4. Headset.
  5. Anti gores.

Untuk dapat menambah hidupnya toko handphone yang akan Anda kelola, Anda dapat menambahkan fasilitas jual beli handphone bekas. Karena handphone bekas inilah yang dapat dijadikan sebagai nyawa penggerak dalam bisnis jual beli handphone. Berdasarkan hal tersebutlah maka keahlian dalam memilih sebuah handphone bekas sangat diperlukan dalam mengelola bisnis ini. memilih handphone bekas dengan kualitas yang masih bagus merupakan sebuah pilihan yang harus Anda jadikan prioritas, namun Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih handphone bekas yang akan Anda jadikan sebagai dagangan, karena dewasa ini banyak oknum tak bertanggung jawab menjual handphone hasil curian ke counter-counter handphone yang ada.

0 comments:

Post a Comment