WHAT'S NEW?

Model Baju Batik Atasan Masa Kini dan Tips Perawatannya

Model baju batik kini sudah semakin beragam dengan menyediakan berbagai model untuk berbagai keperluan. Dari mulai batik untuk acara resmi, pesta maupun batik bergaya casual dan busana sehari-hari. Biasanya jenis pakaian batik sangat ditentukan oleh model atasannya. Berbentuk kemeja atau dress pendek dapat memberi kesan berbeda pada penampilan Anda. Model baju batik atasan jika dahulu hanya identik dengan pakaian kemeja formal untuk bekerja, kini atasan batik juga dapat digunakan untuk pergi ke pesta maupun acara reunion atau acara keluarga. Pada beberapa kemeja dengan sedikit sentuhan batik bahkan sangat cocok digunakan untuk hangout bersama kawan-kawan.


Model baju batik untuk wanita terutama bagian atasan mengalami modifikasi yang sangat beragam. Berikut ini beberapa model atasan wanita yang sedang digemari saat ini yang mungkin sesuai bagi Anda para wanita:

  • Model kemeja lengan panjang tanpa kerah dengan kancing di sisi samping
Lengan panjangnya sangat cocok untuk paduan wanita muslimah yang memakai jilbab. Kancingnya berada di samping depan seperti model baju ala Jepang memberi kesan unik dan berbeda dari kebanyakan kemeja lainnya.

  • Kemeja berkerah lingkaran dengan bagian bawah melebar
Cocok dikenakan untuk wanita yang memiliki ukuran tubuh lebih besar. Atasan ini berbentuk seperti merekah di bawah, dengan kerah berbentuk lingkaran. Panjang lengan biasanya tidak mencapai pergelangan, hanya ¾ bagian saja dengan ujung yang juga lebih lebar. Cocok juga untuk ibu hamil di trimester pertama dan kedua.

  • Atasan ala China dengan pita
Kerah berbentuk lingkaran dengan kancing hanya terdapat di bagian dada. Dikombinasikan dengan pita sebagai ikat pinggang di bagian tengah. dapat memilih model lengan pendek maupun ¾.

  • Model atasan rompi atau blazer
Model atasan ini memiliki 2 lapisan yang nampak terpisah namun sebetulnya menjadi satu antara baju dalam dan blazer atau rompi. Menggunakan resleting di bagian belakang untuk melepas dan memakainya. Dipadukan dengan kerah minimalis semakin menambah kesan rapi dan sopan.

  • Model kebaya kutu baru
Batik model kebaya kutu baru juga sedang digemari saat ini. Batik biasanya bermotif bunga atau motif lain yang lebih cerah.

Sedangkan model baju batik atasan untuk pria, masih dengan kemeja lengan pendek atau lengan panjang. Yang bervariatif lebih ke motif batik yang digunakan atau penambahan aksesoris seperti saku dan jenis kancing. Motif batik bergaris juga sering digunakan untuk memberi kesan formal. Selain itu pada bagian tengah atau kancing, dapat menggunakan bagian batik yang bermotif blok garis sehingga tampak seperti pemisah antara sisi kiri dan kanan.

Cara merawat baju batik apalagi baju batik tulis asli juga tak kalah penting agar baju batik Anda selalu tampak baru dan tidak mudah kusam. Berikut ini tips dalam merawat baju batik yang dapat Anda praktekkan di rumah:
  • Rendamlah baju batik sebelum mencuci, kemudian bersihkan menggunakan tangan sebentar. Jangan menyikat baju batik karena dapat merusak serat kainnya.
  • Jemur baju batik dengan cara digantung sesuai bentuk baju. Hindari menjemur di bawah terik matahari langsung karena dapat mempercepat warna menjadi kusam.
  • Setrika baju batik dengan menggunakan panas sedang atau setrika uap.
  • Simpan baju batik di almari dengan cara digantung.
Itulah beberapa model baju batik atasan bagi wanita dan pria beserta cara perawatannya. Semoga bermanfaat dan menambah keinginan Anda untuk menggunakan busana tradisional.

0 comments:

Post a Comment