WHAT'S NEW?

Jenis Bra Sebagai Pakaian dalam Wanita dan Cara Memilihnya

Bra menjadi salah satu pakaian dalam wanita yang harus diperhatikan dan dipilih dengan teliti. Hal tersebut tidak hanya berpengaruh pada kenyamanan saat mengenakannya namun juga pada tampilan Anda dan juga kesehatan Anda. Apabila Anda memilih bra yang kekecilan maka dapat membuat punggung dan pundak Anda sakit bahkan membuat Anda menjadi sesak sedangkan jika memilih yang longgar dapat membuat payudara tidak dapat terbentuk dengan sempurna atau menjadi kendur.


Penggunaan bra sendiri harus disesuaikan dengan jenis pakaian yang Anda gunakan. terdapat beberapa jenis bra yang harus Anda ketahui sehingga dapat membantu untuk membentuk payudara Anda dan tidak mempengaruhi penampilan Anda. Pertama adalah push up bra yang memiliki pad di bagian bawah dada. Jika Anda menggunakan bra jenis ini, maka tampilan dada akan menjadi lebih menonjol, kencang dan terlihat berisi. Jenis bra ini cocok untuk yang memiliki payudara yang kecil sehingga terlihat lebih padat berisi.

Kedua adalah built in bra yang merupakan bra yang menyatu dengan pakaian. Bentuk bra ini seperti bustier yang ada di kebaya ataupun gaun malam bahkan pakaian balet. Dengan bra jenis ini, Anda tidak perlu lagi untuk mengenakan bra saat menggunakan pakaian dengan built up bra. Ketiga adalah maternity bra yang merupakan bra khusus untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan payudara ibu hamil semakin hari akan semakin besar terutama menjelang kelahiran sehingga diperlukan bra yang mempunyai design yang elastis untuk dapat menyesuaikan dengan ukuran dada.

Jenis pakaian dalam wanita bentuk bra yang harus Anda ketahui yaitu:

  • Sport bra yang digunakan khusus saat sedang berolahraga dan umumnya jenis bra ini menggunakan bahan lycra yang elastis serta tanpa kawat. Sport bra didesain untuk dapat meminimalisir guncangan dan gerakan pada dada ketika Anda sedang berolahraga.
  • Dinimizer bra yang cocok untuk yang memiliki payudara besar. Jenis bra ini dapat membantu untuk mengurangi ukuran payudara sehingga terlihat lebih kecil dibandingkan dengan ukuran aslinya.
  • Adhesive bra yang hanya melekat di payudara dan tidak memiliki tali sehingga cocok bagi Anda yang hendak menggunakan backless ataupun strapless dress.
  • Strapless bra adalah bra tanpa tali sehingga cocok bagi Anda yang menggunakan jenis tube dress, halter neck ataupun kemben.
  • Bra menyusui yang didesain khusus untuk ibu yang sedang menyusui sehingga tidak perlu membuka bra namun hanya perlu membuka bagian cup.

Pemilihan bra harus memperhatikan beberapa faktor. Pertama adalah ukurannya. Terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengukur ukuran payudara sehingga dapat memilih bra yang tepat. Caranya yaitu:

Ukur lingkar dada atau top bust. Jika ukuran (dalam cm):

88-92 = bra ukuran 40/ 90
83-87 = 38/85
78-82 = 36/80
73-77 = 34/75

Lalu ukur bagian bawah dada atau under bust.

Ukuran bra dapat diperoleh dari rumus (top bust-under bust). Jika selisih (dalam cm):

10-12 = cup A
13-14 = cup B
15-17 = C
18-19 = D
20-22 = E

Tips selanjutnya untuk memilih bra sebagai pakaian dalam wanita yang nyaman digunakan yaitu:

  • Besar tali karena dapat membantu untuk menopang payudara terutama bagi yang berdada besar.
  • Bahan yang digunakan. Terdapat beberapa bahan yang biasanya digunakan seperti katun, lace, satin dsb. Pilih jenis bahan yang mudah untuk menyerap keringat sehingga tidak membuat Anda gatal dan mengurangi perkembangan bakteri karena keringat.

0 comments:

Post a Comment