WHAT'S NEW?

5 Kriteria yang Perlu Diikuti dalam Memilih Model Baju Batik Modern untuk Remaja

Perubahan atau perkembangan pada dunia fashion kain tradisional seperti batik menciptakan banyak model baju batik modern. Batik kini semakin dicintai selain diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO, sekaligus modelnya semakin cocok untuk semua kalangan usia. Tidak cukup sulit menemukan remaja atau anak muda yang tampil percaya diri memakai baju batik. Model yang dibuat lebih atraktif menjadikan baju batik kini bisa dipakai dengan percaya diri oleh para anak muda. 


Memilih Baju Batik yang Tepat untuk Remaja 

Berkembangnya desain atau model busana batik membuat beberapa diantaranya sangat cocok dikenakan oleh remaja atau anak muda. Menggunakan baju batik asalkan dipadukan dengan jenis busana lainnya tidak melulu menciptakan kesan formal. Kreasi busana batik dengan potongan tegas dan dipadukan memakai outfit casual bisa memberi kesan santai dan enak untuk kegiatan jalan-jalan. Namun, supaya di usia remaja merasa percaya diri sekaligus nyaman memakai batik berikut kriteria yang perlu diikuti:

1. Memilih warna baju yang cerah,

Tidak semua kain batik memiliki warna gelap sebab kini ada banyak jenis batik tradisional dari berbagai daerah di Nusantara mulai dikenal publik. Ada beberapa motif batik dan pemakaian warnanya lebih semarak sehingga kain batik terlihat lebih cerah. Supaya kesan remaja yang ceria dan energi tidak hilang ataupun berkurang memilih batik dengan motif dan warna cerah adalah pilihan cerdas. 

2. Mengambil model yang cukup unik, 

Khusus untuk remaja sebaiknya menghindari model baju batik modern yang terlalu tegas supaya kesannya tidak terlalu formal. Ada baiknya memilih model batik yang cukup unik, mulai dari potongan, penempatan jahitan, gabungan motif dan warna, dan lain sebagainya. Sedikit memilih model baju batik yang tidak biasa akan menjadi pilihan paling ideal, sehingga sesuai dengan karakter remaja yang lebih fleksibel sekaligus bebas. 

3. Membeli batik dengan motif sederhana, 

Beberapa motif pada kain batik terbilang cukup rumit, sehingga kesannya lebih tegas dan saat dikenakan memberi kesan terlalu berat atau tua. Supaya tidak kehilangan aura seorang remaja pada saat memakai baju batik, maka sebaiknya memilih motif yang sederhana. Beberapa motif etnik yang tradisional memiliki bentuk yang cukup simpel sehingga terkesan lebih ringan saat dipakai. Motif yang demikian jauh lebih cocok menunjang penampilan anak muda, sehingga sangat tepat untuk dikenakan. 

4. Memperhatikan ukuran yang diambil, 

Anak muda tentu akan sangat memperhatikan penampilannya sehingga beberapa perlu waktu cukup lama untuk memilih baju. Membeli salah satu model baju batik bisa membantu melengkapi koleksi yang cocok juga dikenakan di beberapa jenis acara. Supaya kesannya tetap cantik dan tidak terlalu berat dianjurkan memilih yang ukuran bajunya pas. Tidak kebesaran apalagi kekecilan, sehingga penampilan terlihat segar dan seimbang bukannya salah memilih ukuran seperti anak-anak. 

5. Sebaiknya memilih bahan katun, 

Baju batik selain disajikan dengan beberapa model model baju batik modern juga memiliki bahan berbeda-beda, sehingga ada yang menyebut batik katun, batik sutra, dan lain sebagainya. Masing-masing bahan dasar pembuatan batik akan memberi sifat tersendiri, selain nyaman juga dari segi kesan. Dianjurkan untuk kalangan anak muda lebih memilih batik dari kain katun yang tidak panas, tidak mudah berserat, dan tentunya terkesan ringan. Batik sutra memang mewah namun apabila dikenakan anak muda maka kesannya akan terlalu berat dan seolah bersaing dengan orangtua sendiri. 

0 comments:

Post a Comment