WHAT'S NEW?

Kaca Mobil Murah Juga Butuh Perawatan, Ini Tips-tipsnya

Memastikan visibilitas (kemampuan dan jarak pandang) saat berkendara merupakan faktor utama yang mendukung keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Jika berbicara soal visibilitas atau kemampuan pandang saat berkendara dengan mobil tak lepas dari kaca mobil. Baik kaca mobil murah atau kaca mobil mahal sekalipun harus dirawat dengan baik agar tetap bening, mulus dan tidak mengganggu pandangan. Kaca yang bening dan tidak menghalau pandangan adalah yang harus diutamakan. Anda harus selalu memperhatikannya, terutama pada saat cuaca tidak menentukan seperti sekarang ini, kadang panas kadang hujan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kaca mobil agar tetap bening:

1. Bersihkan dari segala macam kotoran yang menempel.
Bidang kaca luas pada mobil akan lebih mudah terkena berbagai macam kotoran, dari mulai debu, dedaunan, hingga bisa jadi kotoran burung. Nah ketika Anda mendapati kaca mobil Anda kotor, maka segeralah bersihkan. Sebab apabila ada noda atau debu yang dibiarkan berjam-jam bahkan berhari-hari nantinya akan jadi mengeras sehingga lebih sulit dibersihkan. Selain nantinya kotoran menumpuk akan mengganggu pandangan Anda saat berkendaraan, kotoran yang menempel yang sudah terlanjur mengeras lalu dibersihkan akan menimbulkan baret atau goresan pada kaca.

2. Cek kondisi wiper.
Langkah selanjutnya untuk menjaga kaca mobil tetap kinclong terawat adalah dengan mengecek kondisi karet pada wiper. Jangan salah, karet wiper juga memiliki kadaluarsa. Karet wiper yang kadaluarsa ditandai dengan pengerasan dan keretakan pada karet. Sebaiknya jika Anda tidak ingin karet wiper menimbulkan baret pada kaca mobil Anda, segeralah ganti. Karet wiper yang kadaluarsa juga sudah berkurang kemampuannya dalam menyapu air pada kaca mobil sehingga dapat mengganggu visibilitas Anda saat berkendara.

3. Gunakan lap dan pembersih kaca yang tepat.
Kesalahan lain yang dilakukan oleh para pemilik mobil adalah asal menggunakan kain lap dan pembersih kaca mobil murah saat membersihkan kaca mobil. Padahal hal ini ternyata dapat berpengaruh pada kondisi kaca mobil. Pastikan kondisi kain lap yang digunakan adalah lap microfiber atau kain lembut lainnya agar kaca tidak mudah tergores, jangan lupa kondisi lap juga harus benar-benar bersih. Gunakan pembersih kaca yang baik kualitasnya dan tidak mengandung bahan kimia yang keras.

4. Segera lap jika terkena hujan.
Setelah bermandikan air hujan, jangan langsung tinggalkan mobil Anda di parkiran atau garasi, bersihkan dengan lap yang menyerap air. Air hujan seringkali meninggalkan pasir atau debu halus yang akan mengeras pada kaca mobil sehingga akan sulit dibersihkan dan membuat kaca mudah tergores. Air hujan yang dibiarkan mengering dalam waktu yang lama juga akan menimbulkan jamur pada kaca yang terlihat seperti bintik-bintik putih yang halus dan sulit dibersihkan.

Pastikan untuk selalu membersihkan kaca mobil dalam keadaan basah baik dengan pembersih kaca maupun air wiper agar partikel debu serta kotoran tidak menggores kaca mobil Anda.



5. Gunakan pelindung kaca.
Tips terakhir agar kaca mobil Anda tetap terawat dengan baik adalah dengan melapisinya dengan kaca film. Saat ini banyak bengkel variasi mobil maupun situs jual beli online yang telah menyediakan beragam tipe pelindung kaca mobil murah. Pelindung kaca mobil atau kaca film ini selain dapat melindungi kaca mobil, juga dapat menghalau masuknya panas terik sinar matahari ke dalam mobil sehingga pandangan Anda tidak silau dan suasana dalam mobil tetap adem.

0 comments:

Post a Comment