WHAT'S NEW?

Cara Mobil Bekerja

Saat ini, sedikitnya terdapat 80 jenis model transportasi yang beroperasi di dunia. Dari jumlah ini mobil merupakan moda transportasi yang paling populer. Saat ini, setidak-tidaknya terdapat 1 milyar mobil di dunia. Pada tahun 2015 saja, di Indonesia sendiri terdapat sedikitnya 14 juta mobil. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat jumlah pengguna yang juga semakin banyak. Kamu pasti pernah memanfaatkan alat transportasi ini bukan?
Pernahkah kamu bertanya bagaimana mobil dapat menjalankan fungsinya? Guna menjalankan fungsinya, mobil disusun dari setidaknya 30.000 bagian yang berbeda. Bagian-bagian ini saling bekerjasama menyusun lusinan tekhnologi di dalam mobil mulai dari tekhnologi yang mengatur laju mobil hingga pengunci mobil. Pada kesempatan ini kita hanya akan mempelajari cara kerja mesin mobil yang membuatnya dapat melaju. Mesin mobil tersusun dari sebuah blok mesin yang merupakan fondasi kerja mesin mobil. Di dalam blok mesin ini terdapat silinder tempat pembakaran terjadi, semakin banyak jumlah silinder semakin besar pula energi yang dapat dihasilkan oleh sebuah mobil. Silinder ini tersusun dari beberapa bagian diantaranya busi, piston, poros engkol dan batang torak. Silinder ini merupakan tempat berlangsungnya pembakaran bahan bakar di dalam mesin mobil. 

Di dalam silinder, ini proses pembakaran bahan bakar secara internal berlangsung dalam 4 tahap. Tahap pertama adalah tahap intake. Pada proses intake piston akan ditarik oleh poros engkol ke bagian bawah. Pada proses ini katup pada bagian atas silinder terbuka sehingga udara dan bahan bakar dapat masuk dan bercampur di dalam silinder. Tahap kedua adalah compression. Dalam proses ini piston bergerak menekan campuran udara dan bahan bakar sehingga membuatnya lebih mudah terbakar. Selanjutnya campuran udara dan bahan bakar tersebut dibakar menggunakan percikan elektrik yang dihasilkan oleh busi di dalam proses Power. Proses power inilah yang menghasilkan energi untuk menggerakkan mobil dan menghasilkan gas sisa pembakaran. Tahap terakhir pada kerja mesin mobil adalah tahap Exhaust dimana piston bergerak kembali menekan gas buangan untuk kemudian membuangnya melalui knalpot. Agar mobil bisa melaju dengan lancar, sebuah mobil biasanya memiliki 4 silinder yang bekerja secara bersama-sama untuk menghasilkan energi yang cukup besar untuk menggerakkan sebuah mobil. Proses inilah yang membuat sebuah mobil dapat melaju menuju tujuannya. Tekhnologi dalam bidang ini terus berkembang, kini mobil tanpa pengemudi telah diluncurkan dengan harapan dapat meningkatkan keselamatan berkendara.



0 comments:

Post a Comment