WHAT'S NEW?

4 Hal Penyebab Cedera dan Jenis Perlengkapan Medis untuk Futsal yang Wajib Disediakan

Mencintai dan sering bermain futsal ataupun sepak bola membuat Kita mulai akrab atau mengenal beberapa perlengkapan medis untuk futsal. Penyediaan perlengkapan medis dan kotak P3K di setiap cabang atau jenis olahraga menjadi sebuah kebutuhan dan kewajiban. Apalagi untuk jenis olahraga yang memang rentan sekali para pemainnya mengalami cedera. Supaya tidak berakibat fatal dan sampai cacat seumur hidup pemberian pertolongan pertama perlu dilakukan secara tepat. 



Penyebab Kecelakaan di Lapangan Futsal 

Cedera yang dialami pemain futsal memang suatu pemandangan umum namun bukan berarti penyebabnya murni kesalahan di tengah permainan. Ada beberapa hal yang ternyata menjadi penyebab utama pemain bisa cedera parah saat terjadi kecelakaan, diantaranya:

1. Kurang sungguh-sungguh saat pemanasan, 
Bentuk olahraga apapun yang akan dilakukan memang diwajibkan bagi pelakunya untuk melakukan pemanasan. Pemanasan ini sangat penting untuk mempersiapkan otot di dalam tubuh lebih siap diajak bergerak lebih keras dan lebih banyak saat berolahraga. 

Cedera dalam tingkatan yang cukup parah bisa dialami pemain yang mengalami kecelakaan sepele sekalipun. Penyebabnya lumayan beragam, namun yang paling sering dijumpai adalah para pemain kurang sungguh-sungguh saat pemanasan. Sehingga boleh dikatakan pemanasan yang dilakukan masih kurang sehingga terjatuh sedikit saja bisa menyebabkan cedera parah. Sebagai langkah antisipasi dan bisa bermain dengan baik untuk seterusnya perlu memperbaiki kualitas pemanasan. Cara ini setidaknya bisa meringankan dampak dari kecelakaan yang dialami di lapangan futsal. 

2. Bermain tanpa paham teknik, 
Sebagai seorang pemain futsal sudah tentu perlu memahami teknik bermain dengan tepat, mulai dari teknik atau gerakan dasar sampai yang lebih rumit. Hal ini sering disepelekan sebab ketika melihat pemain lain terlihat bergerak bebas dan biasa saja. Maka menyepelekan kebutuhan belajar teknik dasar permainan, padahal kurangnya pemahaman teknik ini membuat Kita sering bersinggungan dengan perlengkapan medis untuk futsal. Kenali dan pahami dahulu tekniknya dan perlahan meningkatkan kemampuan. 

3. Melakukan gaya bermain yang salah, 
Ada kalanya para pemain sudah paham betul apa saja teknik yang tepat pada saat beraksi di tenga lapangan. Mulai dari teknik mengoper bola yang benar, berlari mengejar bola, gerakan merebut bola, dan sebagainya. Sayangnya kadang kecelakaan tidak bisa dihindari dan salah satu penyebabnya adalah melakukan gaya permainan yang salah. Mungkin karena kurang konsentrasi atau terburu-buru dalam mengambil tindakan sehingga mengalami cedera yang cukup parah. 

4. Melupakan pendinginan, 
Setelah bergerak sangat banyak dan juga keras selama permainan Kita dianjurkan bahkan diwajibkan untuk melakukan pendinginan. Tujuannya adalah merelaksasi otot tubuh supaya tidak kaget diajak melakukan kegiatan yang lebih ringan. Pendinginan ini kadang sering dilupakan sebab merasa dengan duduk sesaat sudah termasuk ke dalam fase pendinginan. Melupakannya bisa meningkatkan resiko cedera dan cedera yang dialami bukan karena kecelakaan namun karena keteledoran diri sendiri. 

Perlengkapan Medis yang Wajib Disediakan 

Memang pada dasarnya semua tempat yang menyewakan lapangan futsal menyediakan kotak P3K lengkap dengan isinya. Namun tidak ada salahnya memastikan sendiri beberapa perlengkapan medis untuk futsal yang memang wajib ada, seperti:

- Menyediakan antiseptik, 
- Perban, 
- Obat gosok atau methyl salissylate, 
- Spalk atau papan tipis untuk menangani patah tulang ataupun terkilir, 
- Dan lain sebagainya. 

Sebelum bermain cek dulu persediaan obat-obatan dan perlengkapan medis di dalam kotak P3K yang disediakan pemilik lapangan futsal tersebut. Sehingga merasa aman saat bermain dan paham tindakan yang perlu diambil saat kecelakaan terjadi. 

0 comments:

Post a Comment